SASARAN DASAR INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
adalah untuk meningkatkan interkasi antara pemakai dan komputer dengan membuat komputer menjadi lebih user friendly dan mudah menerima apa yang diinginkan pemakai. Kriteria dari user friendly adalah mudah dimengerti oleh pengguna (user), tampilannya tidak rumit dan mudah digunakan oleh pengguna (user), contohnya adalah tampilan pada sistem windows. Secara pastinya, Interaksi manusia dan komputer terkait dengan:
1) metodologi dan proses untuk merancang antarmuka yaitu dengan memberikan tugas dan kelas untuk pemakai, merancang antarmuka yang paling memungkinkan dengan memberikan batasan, mengoptimalkan properti yang diinginkan seperti kemampuan belajar atau efisiensi berguna.
2) metoda untuk menerapkan antarmuka
3) teknik untuk mengevaluasi dan membandingkan antarmuka
4) mengembangkan antarmuka dan teknik interaksi baru
5) mengembangkan teori dan model interaksi yang bersifat prediksi dan deskriptif
6) Aturan Yang Harus Diperhatikan Dalam Merancang Sistem IMK
Terdapat delapan aturan yang harus diperhatikan dalam merancang sistem interaksi manusia dan komputer, yaitu:
1) Konsisten.
2) Memungkinkan user lebih sering menggunakan jalan pintas (tombol khusus dan
sebagainya).
3) Umpan balik yang interaktif untuk setiap aksi.
4) Merancang dialog yang menghasilkan keadaan akhir(sukses/selesai).
5) Memberikan pencegahan kesalahan dan penanganan kesalahan sederhana.
6) Memperbolehkan user mengulangi atau memperbaiki suatu aksi.
7) Mendukung internal focus of control.
8) Mengurangi penghafalan sehingga perancangan pun harus sederhana.
Sabtu, 17 Januari 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
materinya bener bener mengenai IMK :)
BalasHapuskasi gambar* gitu juga dunk bu :D
kapan bisa share lebih lanjut tentang IMK,
BalasHapuscz aku juga lagi garap interface dengan konsep HCI